green tree

Berkah Malam-malam Terakhir

Avatar photo

Abdullah A Afifi

โ›ŠBey Abdullah Tan Jabok โšฝ Bio Aktifitas: https://arifabdullah.id | Telegram: https://t.me/beyabdullah

ย โ˜• ๐ต๐‘’๐‘ฆ ๐ด๐‘๐‘‘๐‘ข๐‘™๐‘™๐‘Žโ„Ž

Adalah deret-deret malam-malam terakhir Ramadhan yang merupakan kesempatan emas yang tak ternilai harganya. Diantara sepuluh malam-malam terakhir pada bulan Ramadhan ada satu waktu dimana Allah memberikan satu malam yang bernilai seribu bulan. Di saat-saat inilah berkah dan rahmat Allah melimpah ruah, menanti untuk dihantarkan kepada hamba-hamba-Nya yang dengan tulus beribadah. Sebagai umat yang beriman pada hari akhir dan hari perhitungan dimana setiap amal akan ditimbang dan dipertanggung jawabkan, maka inilah waktu dimana kita harus memanfaatkan setiap kesempatan untuk meminta ampunan dan keridhaan Allah akan surga-Nya dengan penuh kegigihan, sehingga dapat merasakan nikmat berkah yang tak terhingga dalam sisa perjalanan kita di dunia ini.

Mencari berkah di malam-malam terakhir Ramadhan adalah suatu keinginan yang harus muncul dari setiap kita yang rindu ampunan dan keridhaan dari Allah. Terdapat malam yang penuh keagungan, Lailatul Qadar, malam yang melebihi nilai dari seribu bulan ini, merupakan pintu menuju ampunan dosa dan ketentraman jiwa. Sebagai umat muslim, kita haruslah mencurahkan seluruh tenaga dan waktu untuk menghidupkan malam ini, bermunajat dengan ibadah yang ikhlas.

Salah satu cara mencari berkah di malam-malam terakhir Ramadhan adalah dengan memperbanyak amalan-amalan sunnah untuk menjaga ritme dan semangat ibadah kita. Membaca al-Quran, berzikir, shalat tarawih dan bersedekah adalah amalan yang sangat dianjurkan. Memperbanyak doa dan istighfar juga menjadi sarana ampuh dalam mencari berkah di malam-malam terakhir Ramadhan. Dengan memohon ampunan dan mengharap rahmat Allah, kita akan merasakan kedamaian dan kebahagiaan yang sulit diungkapkan dengan kata-kata.

Aisyah RA beliau bertanya kepada Nabi SAW: “Wahai Rasulullah, jika aku menjumpai satu malam merupakan lailatul qadar, apa yang harus aku ucapkan di malam itu? Nabi menjawab, ucapkanlah:

  ุงู„ู„ู’ู‡ูู…ูŽู‘ ุฅูู†ูŽู‘ูƒูŽ ุนูŽูููˆูŒู‘ ุชูุญูุจูู‘ ุงู„ู’ุนูŽูู’ูˆูŽ ููŽุงุนู’ููุนูŽู†ูู‘ูŠ

Allahumma Innaka โ€˜Afuwwun Tuhibbul โ€˜Afwa Faโ€™fu โ€˜Anniiโ€ฆ
Ya Allah, sesungguhnya Engkau Zat Yang Maha Pemaaf dan Pemurah maka maafkanlah dirikuโ€

(HR. Ahmad 25384)

Salah satu yang juga dapat dilakukan adalah i’tikaf. I’tikaf bukan saja mengasingkan diri sejenak di Masjid menunggu waktu sahur, atau pun mencari kekhusyu’an dengan beribadah tetapi juga dapat dengan menghidupkan malam-malam dengan ilmu dan kontempelasi diri. Dengan menghabiskan waktu di kontempelasi diri, kita akan lebih fokus dalam upaya menjalankan ibadah dan merenungkan makna kehidupan dengan berharap Allah berikan ganjarannya kelak. Kehidupan dunia yang fana akan terasa lebih jelas dan membuat kita lebih bersyukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah.

Kesabaran dan keikhlasan diperlukan dalam mencari berkah di malam-malam terakhir ramadhan. Jika dua pertiga ramadhan sudah kita lalui, maka ujian semangat yang nyata itu adalah pada satu pertiga malam terakhir. Dalam ujian konsistensi ramadhan ini kita harus sabar dalam menjalani hari-hari yang dihiasai dengan ibadah yang intensif. Kondisi yang mungkin berat dan melelahkan, tetapi berbuah ketidakberdayaan hingga mencapai keikhlasan dalam melaksanakannya. Hanya dengan tekad dan kuatnya mental, kita akan merasakan manfaat dan keberkahan dari usaha-usaha kita menghidupkan malam-malam Ramadhan dalam kehidupan sehari-hari.

Mengajak keluarga dan menyamakan persepsi tentang ramadhan dan malam-malam Ramadhan dapat mempererat hubungan dengan keluarga. Kebersamaan dalam mencari berkah dalam ibadah adalah salah satu sakinah dan mawaddah yang Allah berikan kepada keluarga yang saling mendukung dalam keimanan. Sepatutnya sesama anggota keluarga perlu menyempatkan waktu untuk bersama dalam ketaatan, saling mendoakan, dan saling mengingatkan akan pentingnya menjalani ibadah dengan sebaik-baiknya. Dalam kebersamaan tersebut, kita akan semakin merasakan merasakan kelegaan, keikhlasan, dan semoga menjadi nikmat berkah yang tak ternilai harganya.

Dengan semangat mencari berkah di malam-malam terakhir Ramadhan, semoga kita menjadi umat yang selalu mendapat petunjuk dan rahmat dari Allah. Dan selalu bersyukur dengan tantangan dan ujian yang kita hadapi sehingga akan membuat kita lebih merasakan larut dalam ibadah saling terhubung dengan aktifitas kita sehari-hari. Dalam mencari keberkahan malam yang tidak seorang pun tahu kapan waktu pastinya, hanya keikhlasan dan ketenangan jiwa satu-satunya yang dapat dipastikan oleh orang-orang yang serius dalam menjalaninya sambil meyakini bahwa janji rabbnya adalah pasti dan doa orang yang bersungguh tidak akan tersia-siakan.

Semoga harapan dari semua yang kita usahakan pada ramadhan ini, kita memperoleh ampunan dari Allah dan mendapatkan keberkahan dalam hidup. Allah senantiasa memberi ridhanya, membuka pintu rezeki dari arah yang tak terduga, dan mempermudah urusan hambanya di dunia dan akhirat, selama hambanya berusaha dengan sungguh-sungguh dengan ketaatan (taqwa).

Donasi Dukung Kita