Menghadapi New Normal – Indonesia Resesi

Abdullah A Afifi

Abdullah A Afifi

Peneliti Darulfunun IDRiS Institute

Situasi yang sudah di prediksi oleh banyak ahli, akhirnya secara formal di umumkan oleh pemerintah.

Perlu dipahami dimasa resesi ini semua mencoba bertahan hidup, walaupun begitu dengan banyak pertimbangan, semua mencoba bertahan untuk tidak terpuruk terlalu jauh.

Pada umumnya akan ada PHK secara massal menyusul penutupan bisnis dan usaha.

Berikut beberapa saran dan prediksi dilakukan oleh bisnis dalam kondisi new normal

  1. untuk beberapa institusi yang dinamis, akan mencoba adaptasi dengan strategi-strategi, dari memutar-mutar target dan KPI hingga melakukan effisiensi pengeluaran.
  2. untuk sebagian institusi yang kesulitan beradaptasi akan langsung menghadapi pemotongan karyawan, khususnya jika merasa hal tersebut tidak lagi memberikan keuntungan secara langsung, visi dan misi akan dikesamping untuk bertahan.
  3. bubar total, untuk institusi yang mengandalkan pemodalan menggunakan pendanaan pihak ketiga, maka momen saat ini akan sangat sulit, kecuali dapat dilakukan peninjauan ulang perjanjian, karena pada umumnya perjanjian investasi yang tidak dilakukan dengan bagi hasil, baik mudharabah ataupun musyarakah tidak mengakomodir dinamisasi kondisi lingkungan bisnis.

Beberapa tips yang dapat disarankan untuk bertahan menyesuaikan dengan kondisi masing-masing kurang lebihnya:

  1. rapikan streamlined bisnis, potong semua aktivitas dan pengeluaran yang melebar tidak sesuai core dari bisnis, lakukan dengan tegas dan cepat.
  2. pertahankan SDM yang mampu memahami kondisi institusi dan bagaimana perannya dapat membantu
  3. jaga kondisi maturity dari bisnis, jika mundur jangan mundur terlalu jauh, supaya bisa mengambil ancang-ancang untuk bangkit setelah krisis berakhir.
  4. yang suka ditinggalkan oleh bisnis khususnya SME adalah membuat simulasi dan proyeksi, maka baik juga mengindetifikasi variabel bisnis kemudian melakukan simulasi secara simultan setiap waktunya.
  5. setelah cukup berikhtiar, kemudian berdoa, semoga Allah berikan jalan keluar.. Doa pemimpin untuk rakyatnya, seperti doa pemimpin institusi untuk pegawainya adalah salah satu doa mustajab selain doa orang yang teraniaya.

semoga bermanfaat…

Referensi:

REFERENCING STYLES:

APA:
Abdullah A Afifi (9 August 2020). Menghadapi New Normal – Indonesia Resesi. Darulfunun. Retrieved from https://darulfunun.id/insight/regional-industries-economics/2020-08-09-menghadapi-new-normal-indonesia-resesi.

MLA:
Abdullah A Afifi, Menghadapi New Normal – Indonesia Resesi. Darulfunun, 9 August 2020, https://darulfunun.id/insight/regional-industries-economics/2020-08-09-menghadapi-new-normal-indonesia-resesi.